Berwisata di Pantai Pasir Putih Buton Sulawesi Tenggara

Kawasan Indonesia Timur memang sudah tidak diragukan lagi dengan keunggulannya pada wisata bahari yang dimiliki secara alami. Raja Ampat, Wakatobi dan Bunaken menjadi beberapa lokasi destinasi pariwisata unggulan dalam negeri yang sudah mendunia.

Kali ini, kita memperoleh kesempatan untuk berkunjung ke Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara yang diundang langsung oleh Bupati setempat. Waktu singkat selama di sana, tidak membuat kami kehilangan kesempatan berkeliling kota dan mengunjungi berbagai obyek wisata yang ada.

Terkenal akan sumber daya alamnya yang berupa aspal, Buton sudah mendunia dan menjadi kabupaten di Indonesia yang mensuplai kebutuhan produk aspal tersebut. Tapi siapa yang tahu, ternyata selain itu, kabupaten yang beribukota Bau-Bau ini mempunyai beberapa obyek menarik dan bersejarah seperti Benteng Buton, Pantai Nirwana, Pantai Lakeba, Kalampa, Bukit Palatiga, Air Terjun Samparano, Air Terjun Tirta Rimba, Pantai Kokalukuna dan masih banyak lagi.

Berikut sedikit ulasan tentang pantai yang saya datangi saat di Buton. Yang membuat saya terkagum-kagum akan keindahan alaminya. Akan terlihat dari kejauhan betapa jernihnya air laut dan pasir putih di sepanjang pinggir pantai.

Pantai Kamali
Saat pertama kali sampai di Bau-Bau, Anda bisa langsung menikmati keindahan Pantai Kamali yang terletak di tengah kota dan dekat Pelabuhan Murhum. Di pantai ini, kita dapat berenang bebas, serta menyaksikan kehidupan masyarakat setempat yang hilir-mudik dengan aktivitas masing-masing.

Pada sekeliling area, terdapat taman kota yang digunakan sebagai arena bermain anak, berkumpul dengan teman atau keluarga. Tidak jauh dari Pantai Kamali, kita bisa berkunjung ke Benteng Keraton dan kembali mengagumi keelokkan keindahan alam yang ada.

Pantai Lakeba
Untuk mencapai Pantai Lakeba, kita dapat menempuhnya dengan transportasi darat sejauh kuranglebih 7 km dari Bau-Bau. Pantai Lakeba terselimuti pasir putih, air lautnya jernih, sehingga cocok untuk berbagai aktivitas seperti berenang, snorkling, menyelam, berjemur atau hanya sekadar menikmati indahnya matahari terbenam. Di sini juga terdapat sebuah resort yang menawarkan paket wisata lengkap dengan penginapan dan restoran yang langsung menghadap Pantai Lakeba. Ragam kegiatan permainan air seperti banana boat, jet ski, parasailing dan area bermain anak bisa Anda nikmati.

Pantai Nirwana
Berada di tengah kota Bau Bau, Pantai Nirwana menjadi incaran masyarakat lokal berwisata selama akhir pekan. Pantai terlihat ramai dengan anak-anak bersama orang tuanya yang sedang menikmati jernih air laut dan keindahan pemandangan sekitar. Pantai berpasir putih ini memiliki panjang sekitar 4 km yang menghadap langsung ke laut lepas.

Tak hanya bermain-main di pinggir pantai dan berenang, agak mengarah ke tengah laut, kita bisa melakukan kegiatan snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut dengan ragam biota yang masih asli. Selain Pantai Nirwana menjadi daya tarik wisata pantai dalam kota, lokasi ini juga menjadi tempat budidaya rumput laut bagi petani yang merupakan penduduk setempat.

Tidak jauh dari Pantai Nirwana, terdapat gua dengan pemandian air payau sepanjang 50 meter, yang menurut cerita dulunya digunakan sebagai sumber mata air. Masyarakat lokal menyebut gua tersebut dengan nama Gua Moko. Bisa dicapai sekitar 10 menit berjalan menyusuri pantai dan di dalamnya bisa ditemui keindahan yang tak kalah mempesona. Di dasar gua terdapat banyak benda bersejarah berupa keramik.

Bagi Anda yang ingin mengeksplor destinasi wisata Buton, ada pilihan transportasi udara dan laut. Untuk melalui udara, bisa menggunakan pesawat Sriwijaya Air menuju Makassar, Sulawesi Selatan. Dari sana gunakan pesawat sewaan menuju Buton. Penerbangan Makassar-Buton memakan waktu tempuh sekitar satu jam. Sedangkan jalur laut, menggunakan kapal Pelni yang singgah di Pelabuhan Murhum Bau-Bau dengan lama perjalanan tiga hari dari Jakarta. Jika Anda start dari Makassar, waktu tempuhnya sekitar 13 jam.

dian triasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar